Salicyl

Membedakan Alergi dan Biang Keringat Pada Anak

 

 

 

Bunda, bintik merah yang timbul pada si Kecil sebenarnya alergi atau biang keringat? Banyak orangtua yang merasa bahwa bintik merah yang memberikan rasa gatal pada tubuh si Kecil adalah biang keringat, namun gatal yang dialami tidak kunjung membaik. Hal ini mungkin terjadi kekeliruan pada orangtua dalam mengetahui si Kecil biang keringat atau alergi pada sesuatu karena memang ciri-cirinya hampir sama, yaitu timbul bintik merah, terasa gatal hingga membuat si Kecil menjadi rewel. 

 

Alergi merupakan kondisi dimana adanya gangguan hipersensitif pada kekebalan tubuh yang bereaksi berlebihan terhadap alergen (lingkungan, makanan, obat, debu, serbuk bunga, dll).

 

Yuk, mulai sekarang pahami perbedaan tanda-tanda alergi dan biang keringat pada si Kecil.

 

- Tanda biang keringat

 

Biang keringat biasanya terjadi pada kulit tubuh bagian leher, punggung, lengan dan beberapa bagian tubuh yang biasanya mengeluarkan keringat lebih banyak daripada area lain. Biang keringat dapat disebabkan karena produksi keringat yang berlebih, keringat tidak dapat keluar dari bawah kulit karena lama berbaring atau tidak melakukan aktivitas tubuh, dan atau menggunakan pakaian yang tidak menyerap keringat sehingga bakteri menumpuk di pakaian dan menimbulkan gatal hingga ruam merah. Adapun beberapa tanda-tanda biang keringat pada tubuh si Kecil adalah sebagai berikut :

 

1. Kemerahan pada kulit

 

2. Muncul rasa gatal-gatal si Kecil terlihat menggaruk dan gelisah

 

3. Terkadang muncul kulit kering

 

- Tanda alergi

 

Bunda, alergi yang timbul pada si Kecil biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti makanan, bahan kimia, lingkungan hingga obat yang dikonsumsi. Tentunya, penanganan alergi dan biang keringat sangat berbeda, karena alergi bisa saja memberatkan jiwa. Berikut beberapa tanda selain timbul bintik merah bahwa si Kecil mengalami alergi pada tubuhnya.

 

1. Rasa gatal pada kulit

 

2. Sulit bernapas

 

3. Mengalami gangguan pencernaan, seperti diare. Biasanya hal ini dikarenakan alergi oleh makanan tertentu.

 

4. Adanya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh

 

5. Pilek atau bersin

 

Lebih singkatnya, biang keringat tidak disertai dengan pembengkakan, pilek atau bersin. Begitu pula alergi biasanya tidak terjadi kulit mengering dan bersisik serta muncul bintik ruam merah pada tubuh. Ingat ya, kalau si Kecil atau anggota keluarga lainnya mengalami biang keringat dengan tanda-tanda yang disebutkan diatas, segera taburkan bedak Salicyl Fresh atau SalicylKF bulat. Biang keringat hilang, tubuh nyaman! 


 

 

 

To Top ↑