Salicyl

4 Cara untuk mendekatkan diri dengan anak

Ayah Bunda pasti setuju kan bahwa hal yang sangat berarti bagi orangtua adalah kedekatan dengan sang anak. Selain mempermudah Ayah Bunda memantau perkembangan anak, kedekatan yang terjalin antara orangtua dan anak juga dapat membuat si kecil meneladani dan mengenal orangtuanya. Jangan menjadikan kesibukan sebagai alasan untuk mengabaikan pentingnya waktu berkualitas bersama anak-anak.

Ada berbagai macam hal yang bisa dilakukan agar Ayah Bunda dapat menghabiskan waktu dan menikmati kebersamaan dengan si kecil ditengah padatnya kesibukan. Ayah Bunda bisa mengadaptasi tips berikut ini :

  • Luangkan Waktu tanpa gadget

Meluangkan waktu untuk si Kecil berarti memberikannya waktu untuk bercerita mengenai apa yang telah ia lalui di sekolah, masalah apa yang sedang dihadapi dan bagaimana penyelesaiannya. Inilah saatnya untuk menyimpan sejenak gadget Ayah Bunda. Menurut penelitian para ahli dan psikolog, orangtua yang terlalu sibuk dengan gadgetnya ketika di rumah dapat membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang kurang percaya diri, merasa kurang diperhatikan hingga dapat mengurangi tingkat konsentrasi anak.

  • Memberikan pelukan dan belaian

Pelukan dan belaian merupakan suatu bentuk kasih sayang dari orangtua kepada anak tanpa kenal usia dan waktu. Dengan hal tersebut, si Kecil seolah memiliki energi semangat untuk memulai aktivitasnya dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa memberikan pelukan dan belaian kepada anak dapat memberikan rasa tenang, mengatasi rasa takut dan meningkatkan kecerdasan otak hingga IQ anak.

  • Berikan pujian proporsional

Memberikan pujian kepada anak merupakan sebuah motivator yang didapatkan dari orang lain selain dirinya sendiri. Namun, ada kalanya orangtua memberikan pujian yang proporsional, atau sesuai dan tidak memberikan nilai negatif pada aspek kehidupan yang lain. Dengan memberikan pujian, anak akan terus menerus melakukan hal-hal positif untuk dirinya maupun orang lain.

  • Berikan kesempatan untuk membantu pekerjaan rumah

Membangun kedekatan dengan anak bukan berarti selalu dilayani apa saja kebutuhannya, tapi juga harus diberikan kesempatan untuk melakukan hal-hal basic secara mandiri seperti membereskan mainannya, mengambil makanan sendiri atau meminta bantuannya untuk membersihkan rumah. Hal ini dilakukan agar di kecil belajar mengenai aspek-aspek kehidupan, dan jika ada yang tidak ia pahami dapat dijelaskan oleh orangtuanya. 

Kedekatan orangtua dengan anak adalah salah satu fondasi penting dalam tumbuh kembang anak. Kedekatan dan kasih sayang orangtua dapat mencegah perilaku negatif dan depresi pada anak saat beranjak dewasa. Jadi, sesibuk apapun Ayah Bunda tetap luangkan waktu untuk anak-anak tercinta ya.

To Top ↑