Salicyl

Bermain Sambil Mengasah Kreatifitas dan Kecerdasan si Kecil

 

Ayah, Bunda, sekitar 50% - 80% kecerdasan orang dewasa dimulai sejak usia 4 tahun atau golden age, yang dapat menjadi landasan atau fondasi dalam berbagai aspek perkembangan. Tapi, perlu diingat, untuk memaksimalkan kemampuan dan kecerdasan si Kecil, Ayah dan Bunda tidak terlalu memforsir dan memaksa ya. Hal ini tentu saja dapat memberikan efek buruk kepada si Kecil, seperti mudah bosan, stress hingga emosi yang tidak stabil.


Untuk mengasah kreativitas dan kecerdasan si Kecil, Ayah dan Bunda bisa lho mengajaknya belajar sambil menyerapi nilai-nilai yang dapat diambil dari permainan tersebut. Nah, SalicylKF punya beberapa rekomendasi kegiatan atau permainan yang dapat mengasah kreativitas dan kecerdasanya. Yuk, disimak.

  • Bercerita dan Menceritakan kembali

Ayah, Bunda, kegiatan ini merupakan sebagai sebuah langkah dalam memperbanyak kosakata dan belajar intonasi dari sebuah cerita yang dibacakan. Misalnya, Ayah atau Bunda membacakan dongeng setiap malam dengan ekspresif, lalu keesokan harinya, ajak si Kecil untuk menceritakan kembali dongeng yang telah didengar dengan versinya sendiri.

  • Bermain Peran

Bermain peran layaknya bersandiwara dengan peran-peran tertentu, misalnya Ayah menjadi penjual makanan, Bunda menjadi pembeli dan si Kecil mengamati. Interaksi antara Ayah dan Bunda akan dapat diserap oleh si Kecil. Setelah itu, si Kecil dapat berganti menjadi salah satu peran sesuai keinginannya. Bermain peran seperti ini dapat mengembangkan anak dari sisi sosialisasi, bahasa, emosi dan kognisinya.

  • Melukis atau Menggambar

Ayah, Bunda, menggambar atau melukis dapat mengembangkan kreativitas serta menyalurkan emosi pada si Kecil. Ketika ia sedih, maka hasil gambarnya akan melukiskan dengan perasaan sedih, begitupun sebaliknya. Selain itu, menggambar dan melukis juga melatih si Kecil mengenal warna-warna, mengimplementasikannya, menyelaraskan warna berdasarkan objek, serta pengenalan pada bentuk-bentuk yang digambarnya.


Nah, dari ketiga kegiatan yang sudah dijelaskan, Ayah dan Bunda sudah punya gambaran kan mengenai kegiatan bermain apa yang dapat dilakukan bersama si Kecil dirumah. Patut diingat ya, jika bermain di luar rumah, pastikan siap sedia SalicylKF atau Salicyl Fresh bulat sebagai pertolongan pertama pada biang keringat. 


To Top ↑