Salicyl

Engklek, Bermain Sambil Melatih Kemampuan Fisik

Ayah Bunda, seperti yang kita tau saat ini sudah sangat jarang terlihat anak-anak memainkan permainan tradisional, padahal banyak permainan tradisional yang dimainkan justru membuat tubuh menjadi lebih sehat karena kebanyakan permainan tradisional mengharuskan kita melakukan aktifitas fisik.

Salah satunya adalah Engklek, permainan yang biasanya dimainkan oleh maksimal 8 orang dan tidak memerlukan alat-alat canggih karena dibuat dari bahan – bahan yang sangat mudah didapat di sekeliling kita. Yuk, ajak anak-anak untuk bermain Engklek.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • Kapur tulis untuk menggambar bidang yang akan digunakan untuk bermain
  • Gacuk yang biasanya terbuat dari pecahan batu datar, keramik ataupun genteng.

Cara bermain :

  1. Sebelum bermain, anak-anak harus hompimpa untuk menentukan siapa yang akan jalan terlebih dulu dan siapa yang jalan terakhir.

  2. Pemain bermain engklek dengan cara melompat dengan menggunakan satu kaki yang dilakukan pada setiap kotak-kota yang telah digaris pada tanah sebelumnya.

  3. Gacuk dilempar ke salah satu petak yang ada ditanah, kemudian petak dengan gacuk jika sudah berada diatasnya maka gacuk kita tidak boleh diinjak atau ditempati oleh para pemain. jadi pemain harus melompati petak yang ada gacuknya.

  4. Para pemain tidak boleh yang ada melempar gacuk melewati petak yang telah disediakan. Jika terdapat pemain yang melakukan hal tersebut maka pemain itu akan didiskualifikasi dan dinyatakan gugur setelah itu diganti oleh pemain selanjutnya.

Selain memiliki manfaat melatih kemampuan fisik, Engklek juga bermanfaat untuk melatih kemampuan anak bersosialisasi, membuat anak memiliki kemampuan bersosialisasi dengan orang lain, belajar menaati peraturan yang telah ditetapkan, mengembangkan kecerdasan logika serta merangsang anak menjadi lebih kreatif.

Memainkan permainan tradisional yang mengharuskan anak beraktifitas tentunya akan membuat anak berkeringat, tapi Ayah Bunda tidak perlu khawatir karena menggunakan bedak Salicyl Fresh sehabis mandi dapat mengurangi rasa gatal yang timbul akibat biang keringat.

Ayah Bunda, mau coba untuk mengajak anak-anak bermain Engklek?

To Top ↑