Salicyl

Ingin Kembangkan Potensi Si Kecil

 

Setiap anak memiliki potensi diri yang berbeda satu sama lain, potensi besar yang terdapat dalam diri anak tentunya penting untuk dikembangkan agar ia menjadi yang terbaik sesuai minat dan bakatnya. Untuk itu, Ayah dan Bunda memainkan peranan penting dalam membantu mengembangkan potensi diri si buah hati. Penasaran apa saja tipsnya? Yuk disimak tips berikut ini.


  1. Observasi Minat, Potensi, dan Bakat Anak

Untuk mengidentifikasi minat, potensi, dan bakat anak, Ayah dan Bunda perlu kejelian dan ketelitian untuk mengetahui mana yang si buah hati suka. Bagi orang tua yang tak cukup memiliki waktu untuk mengobservasi anak atau quality time bersama anak, Ayah dan Bunda bisa bertanya pada sang guru, dan perlu diingat jangan hanya menanyakan kemampuan akademis si buah hati, tanyakan soal bagaimana perilaku anak di kelas, attitude-nya, apa kegemaran anak, dan sebagainya.


  1. Memotivasi Semangat Belajar, Minat dan Bakat Anak

Sebagai orang tua, Ayah dan Bunda semestinya mendukung semangat belajar dan minat anak sehingga anak tersebut akan lebih termotivasi untuk mengembangkannya dan menyadari bahwa ia bisa mengembangkannya dengan mudah.


  1. Tidak Membandingkannya Dengan Anak Lain

Jangan bandingkan anak dengan saudara atau temannya, beritahu dia bahwa setiap orang memang memiliki kelebihannya masing-masing.


  1. Beri Kesempatan Untuk Memilih dan Membuat Keputusan

Berilah kepercayaan terhadap anak untuk membuat keputusan sendiri dalam melakakukan setiap kegiatan atau belajarnya. Hal ini dilakukan agar anak memiliki keleluasaan dan berani dalam memilih diantara pilihan. Ayah dan Bunda juga bisa membantu anak dalam memilih pilihannya sehingga anak tidak terjebak dalam hal-hal negatif.


  1. Beri Pujian di Saat yang Tepat

Pujian adalah salah satu hal yang penting untuk si buah hati. Berikan pujian di saat yang tepat dengan kalimat yang spesifik agar si buah hati merasa kemampuannya dihargai.


Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa Ayah dan Bunda terapkan untuk membantu mengembangkan potensi diri si buah hati, semoga bermanfaat ya.


To Top ↑