Salicyl

Tips Membawa Bayi saat Traveling

 

Ayah Bunda ingin traveling tapi tidak bisa meninggalkan si kecil?, tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajak bayi Anda berlibur seperti, usia, peralatan yang harus dibawa, transportasi, waktu tempuh, dan destinasi. Jadi apa saja yang perlu disiapkan? Yuk kita simak tips berikut ini.



  1. Usia Ideal Mengajak Bayi Traveling

Penting bagi Ayah dan Bunda yang suka traveling untuk tidak mengajak bayi jika belum berusia 40 hari. Hal tersebut dikarenakan sistem kekebalan tubuh bayi belum terbentuk dengan sempurna serta daya tahan tubuh bayi masih sangat rendah. Untuk itu sangat tidak disarankan mengajak bayi traveling bila usianya masih dibawah 40 hari. Menurut Anna Surti Ariani, S. Psi., M. Psi., Psikolog anak dan keluarga yang praktek di Klinik Terpadu Fakultas Psikologi UI, usia lebih dari 2 bulan adalah usia yang pas untuk mengajak si kecil traveling.


  1. Barang yang Wajib Dibawa

Bawalah pakaian bayi sesuai destinasi liburan yang Ayah Bunda tuju. Namun di mana pun destinasi yang Anda tuju, tetap siapkan  jaket, selimut, dan kaos kaki hangat, untuk mencegah si kecil kedinginan. Perlengkapan lainnya seperti popok, alat mandi, stoller/baby carrier, serta obat obatan adalah hal yang wajib untuk dibawa.


  1. Pilih Transportasi dan Akomodasi yang Ramah untuk Bayi

Carilah penginapan yang bersih, private bathroom, sirkulasi udara yang memadai (smoking-free zone), dan terdapat fasilitas air panas. Untuk transportasi, jika Anda menggunakan pesawat, pilihlah jam penerbangan sesuai dengan jadwal tidur anak, hal ini bertujuan agar anak tidak rewel saat di pesawat. Pastikan juga apakah tersedia baby bassinet atau tempat tidur bayi yang biasanya hanya tersedia di tempat duduk paling depan, hal tersebut bertujuan untuk memudahkan Ayah Bunda menidurkan si kecil sehingga tidak perlu dipangku.


  1. Bijak Memilih Destinasi yang Akan Dituju

Bila cuaca sedang tidak bersahabat, disarankan agar tidak pergi ke tempat yang terlalu terbuka untuk menghindari hujan yang turun secara tiba-tiba. Bila terlanjur mendatangi tempat yang terbuka dan hujan turun, segeralah mencari tempat berteduh.


Itu lah beberapa tips membawa bayi saat traveling, Bagaimana Ayah Bunda, sudah siap pergi berlibur bersama si kecil? Jangan lupa untuk selalu membawa Salicyl dimana pun Anda berada ya.


To Top ↑