Salicyl

Tips Mengajari Anak Menabung

 

Salah satu hal yang wajib diajarkan orang tua terhadap anaknya adalah menabung. Dengan mengajarkan anak menabung sejak dini, anak akan menjadi pribadi yang mandiri dan lebih bijak dalam menggunakan uang. Berikut Salicyl punya beberapa tips untuk mengajari anak menabung, yuk mari kita simak.


  1. Memberi Pengertian Konsep Uang

Sebelum mengajarkan cara menabung, terlebih dahulu anak harus mengetahui fungsi uang itu sendiri. Jelaskan secara sederhana dan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak. Nah ketika anak sudah mengerti konsep uang, barulah kenalkan konsep menabung. Katakanlah pada anak bahwa untuk bisa membeli apa yang ia mau, ia harus menabung uangnya terlebih dahulu hingga cukup.


  1. Sediakan Celengan yang Menarik untuk Anak

Berikanlah anak Anda celengan yang lucu dan menarik, anda bisa menggunakan celengan dengan bentuk karakter favoritnya. Hal ini dilakukan untuk membuat anak senang menabung.


  1. Memberi Contoh Yang Baik

Perilaku anak adalah cerminan dari orang tuanya, untuk itu orang tua perlu memberikan contoh yang baik agar anak termotivasi. Sebagai contoh Anda bisa menyisihkan uang belanja di celengan Anda sendiri dan pastikan anak Anda melihatnya, agar anak bisa meniru perilaku Anda.


  1. Memberikan Informasi Keuangan Sesuai Usia

Anda perlu menyesuaikan informasi keuangan yang Anda berikan sesuai dengan usia anak. Misalnya ketika anak sudah memasuki usia sekolah lanjutan Anda bisa memberikan informasi tentang kartu kredit dan bank, sedangkan untuk balita anda bisa memberikan informasi dasar keuangan.


  1. Mengajarkan Anak Untuk Beramal

Selain mengelola uang, anak juga perlu paham bahwa uang bukanlah segalanya. Ajari anak peduli terhadap orang yang membutuhkan, Anda bisa mengajak anak untuk menyumbangkan sebagian uangnya kepada korban bencana, yatim piatu, dan sebagainya.


Itulah tadi beberapa tips mengajari anak menabung dari Salicyl, semoga membantu ya.

To Top ↑